Air Terjun Kedung Kandang, Sejuknya Dikelilingi Sawah.

posted in: Article | 0

Air Terjun Kedung Kandang,

Sejuknya Dikelilingi Hamparian Sawah.

 

 Air Terjun Kedung Kandang

 

Gunung Kidul memanglah selalu berinovasi untuk jadi kiblat pariwisata di jogja. Kabupaten yang dulunya populer tandus serta gersang itu, saat ini selalu bersolek serta memoles diri untuk menarik wisatawan datang. Pada kesempatan ini author bakal membahas mengenai wisata yang terbilang baru di Gunung Kidul ini berbentuk air terjun bertingkat yang dikatakan sebagai Air Terjun Kedung Kandang.

sebagai air terjun unik yang tersembunyi di gunung kidul. Air terjun ini mempunyai tingkatan sebanyak 6 tingkat. Berada di persawahan penduduk menjadikan pemandangan air terjun kedung kandang sangat alami, sejuk dan tentunya terlihat hijau.

Lokasi air terjun kandang berada di dusun Gunung butak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Air terjun kedung kandang berada tidak jauh dari embung dan gunung api purba nglanggeran, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan air terjun ini. Air terjun kedung kandang berada di titik koordinat GPS S7°51’20.2″ E110°32’06.3 .

Rute dari kota jogja menuju kedung kandang adalah melewati jalan wonosari, naik menuju ke kecamatan pathuk, Sebelum SMP n 2 pathuk ambil kiri ke arah dusun bobung, setelah bertemu perempatan silahkan ambil ke arah kiri, nanti bertemu dengan warung mie ayam mbak nining masuk ke kiri. Nanti ketemu lapangan volly, sepeda motor bisa dititipkan disana.

rute

Sampai gerbang masuk teman- teman sudah di sambut dengan ramah oleh warga, Jika bertemu dengan warga lokal jangan sungkan untuk sekedar menyapa, karena memang warga di sekitar air terjun kedung kandang sangat ramah.

Jarak dari parkiran sampai ke air terjun kedung kandang sekitar 900 meter, dan jalan nya masih benar- benar jalan tanah, ya tapi itulah sensasi menuju air terjun ini. Di sana kita bisa secara langsung melihat para petani sekitar air terjun ini sedang bercocok tanam.

Tebing- tebing batu vulkanik dan hamparan padi adalah ciri khas kawasan air terjun kedung kandang. Batuan di air terjun ini pun di dominasi dengan batuan vulkanik khas gunung api purba  nglanggeran.

Air terjun kedung kandang sendiri sebenarnya terdapat 3 kedung dan ada sekitar 6 tingkatan air terjun. Kedung kandang adalah kedung paling bawah dan paling besar,  lalu di atasnya ada kedung temanten dan kedung keris.

air-terjun-kedung-kandang-yogyakarta

hal yang perlu teman- teman ketahui tentang air terjun kedung kandang ialah  air terjun musiman yang ada ketika musim hujan saja. Jadi author rekomendasikan datang ke air terjun ini ketika  musim hujan tiba atau perpindahan dari  musim penghujan ke musim kemarau. karena Saat musim kemarau, air terjun ini  benar-benar mengering, dan tidak ada air yang mengalir sama sekali.

Nah, segitu dulu info kali ini. Ingat ya.. kalau berkunjung ke suatu tempat wisata, jaga selalu  lingkungan agar tempat tersebut lestari.

warig

 

 

sumber

Leave a Reply