Gunung Etna, Ketakutan Dibalik Keindahannya

posted in: Article, Gunung | 0

Gunung Etna,

Mengerikan Namun Indah

 

 gunung etna

 

Gunung Etna (atau Aetna, dan dikenal secara lokal dengan nama Mongibello yang berarti gunung yang indah) adalah gunung berapi aktif di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania, Italia. Ketika Gunung Etna meletus, memberikan pemandangan yang indah, seperti kembang api raksasa.

Etna adalah gunung berapi terbesar di Eropa, gunung paling terpendek dengan ketinggian sekitar 3.320 m dan keliling dasar sepanjang 140 km, membuatnya menjadi gunung tertinggi di Italia di selatan Alpen.

Etna mencakup wilayah seluas 1190 km². Ia adalah yang terbesar di antara gunung-gunung berapi di Italia. Tingginya tiga kali lebih besar dari pesaing terdekatnya, Vesuvius. Etna adalah salah satu gunung teraktif di dunia dan hampir selalu dalam keadaan meletus. Meski demikian, ia tidak dianggap sebagai terlalu berbahaya.

Ahli vulkanologi yang meneliti aktivitas Gunung Etna adalah Salvatore Caffo. Dia bekerja mengamati aktivitas gunung dari kantornya di Taman Nasional Gunung Etna. Caffo tumbuh besar di Kota Catania yang terletak 30 mil di bawah kawah Gunung Etna.

Kota Nicolosi hanya terletak 12 mil dibawah kawah. Kota ini dibangun lebih dari 800 tahun yang lalu, dan letusan Etna telah membuatnya hancur selama dua kali. Tidak hanya Nicolosi yang terkena dampak dari letusan Etna, ada lebih 20 kota kecil lainnya juga terletak di sekelilingnya. Salah satunya adalah kota Zafferana Etnea berjarak 8 mil dari Nicolosi, pada sisi tengggara Gunung Etna. Kota-kota lain yaitu Linguaglossa dan Randazzo.

gunung api 3

Untuk geologi sendiri, Gunung Etna terbentuk 600.000 tahun yang lalu, ketika piringan tektonik Afikan dan Eurasioan bertemu jauh di dalam permukaan bumi. Etna adalah serangkaian stratovolcano mempunyai empat kawah dengan dua di antaranya berperan sebagai kawah pusat. Keduanya adalah Bocca Nouva yang berada di posisi timur laut dan Voragine di bagian tenggara. Voragine merupakan kawah terbaru yang dibentuk pada letusan 1978.

LaPresse 24-04-2012 Catania, Italia Cronaca Etna, spettacolare eruzione notturna con la lava Nella foto: l'eruzione LaPresse April 24, 2012 Catania, Italy chronicle Etna, spectacular nighttime eruptions with lava In the picture: the eruption

Gunung ini sendiri telah mengalami lebih dari 200 letusan sejak 1.500 sebelum masehi. . Pada 122 Sebelum Masehi, erupsi letusan menutup sinar matahari selama beberapa hari dan memuntahkan begitu banyak abu ke Kota Catania. Bencana itu menghancurkan ratusan rumah. Akibat musibah itu, pemerintah Romawi membebaskan pajak warga selama 10 tahun dan mengalokasikan seluruh pengeluaran untuk rekonsiliasi bencana. Dan tercatat erupsi yang paling mengerikan sebanyak enam kali yaitu pada tahun 1669, 1852, 1979, 1992, 2013, 2015.

 

Sumber

 

 

Leave a Reply