Bukit Jaddih, Danau Biru Tambang Kapur

posted in: Article | 0

Bukit Jaddih,

Danau Biru Tambang Kapur.

 

 

bukit jaddih 

 

Potensi wisata di Madura selama ini seakan tidak terdengar. Tertutup oleh hingar bingar destinasi wisata lainnya di Jawa, terutama di sekitar Surabaya. Padahal, tempat wisata untuk liburan di Madura ini juga tidak kalah dengan tempat lain loh! Sebut saja Bukit Jaddih, yang mungkin belum banyak yang tahu.

Bukit yang lebih dikenal dengan bukit kapur jaddih ini sebenarnya adalah sebuah penambangan batu kapur putih, dan bukan sebagai tujuan wisata seperti umumnya. Kondisinya agak mirip dengan Brown Canyon yang ada di Semarang yang juga tempat penambangan pasir. Hanya saja kalau Bukit Jaddih ini adalah penambangan batu kapur putih.

Bukit-Jadih-tempat-yang-cukup-fotogenik-atau-bahkan-bisa-buat-prewedding-loh

Bukit Jaddih ini berada di dekat penambangan batu kapur di wilayah Bangkalan, atau lebih jelasnya, lokasi wisata bukit di Madura ini berada di Desa Jaddih. Jika kalian ingin liburan ke tempat ini, kalian harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam – 1,5 jam atau sekitar 28 km dari pusat kota Surabaya melalui jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dengan Surabaya.

Akses menuju Bukit Jaddih bisa dicapai baik dengan Mobil atau Sepeda Motor. Namun harap diperhatikan karena jalur menuju Bukit Jaddih cukup susah dan jalurnya lumayan terjal. Jadi diharapkan untuk selalu berhati – hati di perjalanan. Jika kalian mengunjungi Bukit Jaddih di Madura dengan sepeda motor, sebaiknya kalian mengambil jalur alternatif lewat jalan raya Labang, sehingga tidak perlu memutar melewati Kota Bangkalan terlebih dahulu.

Wisata alam Bukit Jaddih tidak hanya menawarkan Panorama Alam berupa bukit kapur yang pemandangannya sebelas dua belas dengan Cappadocia yang ada di Turki, tetapi disana juga terdapat danau biru yang bernama “Goa Potte”. Selain itu karena disini adalah tempat pertambangan kapur, tentunya juga ada banyak goa – goal kecil sisa penambangan. Namun tidak disarankan untuk memasuki goa tadi karena cukup rapuh dan bisa runtuh kapan saja.

bukit-kapur-jaddih-madura

Inilah sang danau biru di sebuah tambang kapur yang rapuh, melambangkan kecantikan hati seorang wanita. Indah untuk dijaga, bukan di rusak apalagi di hancurkan. so.. jagalah alam kita agar kita juga terjaga oleh yang menciptakan alam.

Sumber

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.